Senin, 15 Agustus 2011

Cara Ajukan Lamaran Untuk Job di Elance (2)

Artikel ini lanjutan dari cara ajukan lamaran bagian 1.  Dalam artikel ini dijelaskan tentang hal teknis cara penggunaan formulir proposal untuk mengajukan lamaran kerja di portal Elance.  Sedangkan tips tentang apa yang sebaiknya ditulis dalam surat lamaran atau proposal bisa ditemukan dalam artikel terkait tentang Surat Lamaran.

Oke, kita lanjutkan dengan cara mengisi formulir proposal untuk job di Elance.  Ruang formulir proposal dapat diperluas agar lebih mudah dalam menulis, mengedit dan mengirim lamaran (bandingkan gambar-bawah).formulir proposal Elance Untuk mengisi uraian proposal dan mengirimkannya kepada klien, silakan ikuti panduan berikut:

  1. Ketik atau paste konsep proposal yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam formulir Describe Your Proposal (kotak putih).  Anda boleh memasukkan hingga 4000 karakter, dan tersedia beberapa pilihan untuk format teks.  Jika tergolong new comer dalam hal menulis surat lamaran kerja (istilah orang sana: cover letter, proposal), silakan baca artikel tentang apa isi surat lamaran.
  2. Menyertakan lampiran.  Jangan lupa lampirkan CV, dan/atau resume untuk mendukung proposal, lebih-lebih jika diminta oleh klien. Cara melampirkan?
    • Klik tautan Add Attachment pada bagian kiri bawah formulir proposal –> Pilih Add files  from My Computer pada jendela sembul Attachments lalu klik tombol Browse
      tambah lampiran proposalpilih file lampiran dari komputer

    • Tentukan lokasi folder dan file pada komputer lalu klik tombol Open
      pilih lokasi folder dan file
    • Klik tombol Done jika tidak ada lagi file yang ingin dilampirkan (atau tombol Browse untuk menambah file).
      proses melampirkan file  file terlampir di bawah proposal

Proses melampirkan file selesai! Nama file lampiran tercantum di bawah formulir proposal.  Klik tautan Remove di samping nama file jika ingin menghapus file tersebut.  Misalnya, karena puyeng mikirin isi lamaran lantas keliru memilih file! :)

Catatan:

  1. Jangan mencantumkan informasi kontak (# telepon, alamat surel. ID Skype, ID Messenger, dsb) dalam proposal, sebab melanggar kebijakan Elance.
  2. Setelah mengetik atau copy paste proposal yang sudah dikonsep lebih dahulu menggunakan Word atau Notepad, periksa sekali lagi ejaan, tata bahasa,  tanda baca, kesalahan ketik, dan sebagainya. Pokoknya, proposal harus nampak profesional dari segi kebahasaan.

Tips

Jika kurang mahir berbahasa Inggris, tuliskan konsep proposal dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, lalu copy dan paste ke Google Translate, kemudian mintalah bantuan teman untuk mengedit seperlunya.  Atau, bisa juga menggunakan layanan pemeriksa grammar online seperti WhiteSmoke atau cari layanan serupa di Google dengan mengetik kata kunci “Free grammar check”.

What Next?

Jika merasa yakin 120% bahwa isi proposal sudah bagus, langkah selanjutnya adalah menentukan opsi rencana kerja seperti kapan akan menyelesaikan dan menyerahkan job tersebut, berapa anggarannya, dsb.  Silakan baca artikel: cara mengusulkan syarat dan milestone untuk informasi selengkapnya.

Artikel Terkait:



0 comments :

Poskan Komentar